Jogja Kota FTV

Selalu ada yang menarik dari Yogyakarta. Kota yang biasa dikenal dengan sebutan Jogja itu selalu membuat nyaman hati penghuninya, sesuai dengan slogan yang didengungkan, Yogyakarta Berhati Nyaman. Jogja juga dikenal sebagai Kota Pelajar. Tak heran jika banyak perantau yang bisa ditemui di setiap sudut kota. Mulai dari ujung Pulau Sumatera hingga Papua tersedia di sini. Umumnya mereka jauh-jauh merantau untuk menimba ilmu. Namanya aja Kota Pelajar,Bung!! Jadi jangan heran juga kalau ada pepatah tua yang mengatakan: tuntutlah ilmu sampai ke kota Jogja 🙂

Selain menjadi Kota Pelajar, Jogja juga melegitimasi dirinya sebagai Kota Gudeg. Belumlah afdhol ke kota Jogja kalau belum mencicipi -istilahnya Katon  Bagaskara- sajian khas berselera ini. Tak bijak rasanya jika makanan yang satu ini tidak disandingkan dengan santapan khas Jogja lainnya, bakpia. Entah apakah juga pantas jika disebut Kota Bakpia, mengingat ketidakabsahan kunjungan ke Jogja tanpa menenteng pulang si bundar pipih.

Mungkin masih banyak lagi sebutan-sebutan untuk Jogja. Hmm…mungkin Kota Budaya?! Lihat saja warisan budaya kota Jogja. Atau… Kota Tua!? Kota Hujan!? Kota Kembang!? Kota Blangkon!? Atau lagi… Kota Kota He (kata Shah Rukh Khan)!? Bisa jadi… Kota Kenangan barangkali. Aku tak tahu pastinya ada berapa banyak sebutan untuk kota itu. Yang ku tahu kini bertambah lagi sebutan untuknya, Kota FTV.

FTV sebuah singkatan dari Film Televisi yang disajikan di salah satu atau salah dua -karena ngga mungkin sala(h)tiga- stasiun televisi swasta di Indonesia. Karena film, biasanya hanya berdurasi 1,5 jam. So, ngga mungkin sampai ada season 7, cerita yang sampai beranak cucu. Dari sisi jalannya cerita, kelihatannya masih rada realistis lah. Bukannya penggemar, tapi kalau diperhatikan lebih, karena keindahan dan keramahannya, beberapa episode yang ditampilkan akhir-akhir ini sering berlatarkan kota Jogja. Ngga salah dong kalau Jogja kusebut Kota FTV…(??)

Posted on February 17, 2011, in Sudut Pandang. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. like this ^.^d —-> anggep aja aku sambil senyum ngeliatin satu jempol

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: